MANFAAT APEL BAGI KESEHATAN KITA

1. Apel bisa menjauhkan kita dari Alzheimer

Sebuah studi baru yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minum jus apel bisa menjauhkan kita dari Alzheimer dan melawan efek penuaan pada otak. Tikus dalam penelitian yang diberi makan diet apel ditingkatkan menunjukkan tingkat yang lebih tinggi dari neurotransmitter asetilkolin dan melakukan yang lebih baik dalam tes labirin daripada mereka pada diet biasa.


2. Apel bikin gigi lebih putih dan sehat

Menggigit dan mengunyah apel merangsang produksi air liur dalam mulut Anda, mengurangi kerusakan gigi dengan menurunkan tingkat bakteri.


3. Menurunkan risiko diabetes

4.Apel  melindungi kita dari penyakit Parkinson

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makanan tinggi serat lainnya mendapatkan sejumlah perlindungan dari penyakit Parkinson, penyakit yang ditandai dengan gangguan sel-sel saraf yang memproduksi dopamin otak.

5. Dapat mengurangi resiko dari segala macam kanker

 Konsumsi apel kaya flavonol dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker pankreas hingga 23 persen. Apel kupas  yang memiliki kegiatan anti-pertumbuhan ampuh melawan sel-sel kanker di hati, usus besar dan payudara. Ekstrak dari seluruh apel dapat mengurangi jumlah dan ukuran tumor mammae pada tikus. National Cancer Institute di AS telah merekomendasikan asupan serat tinggi untuk mengurangi risiko kanker kolorektal.

6. Apel bisa mengurangi Kolesterol

Serat larut ditemukan dalam apel mengikat dengan lemak di usus, yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

7. Apel bikin jantung jadi sehat

Senyawa fenolik yang ditemukan di kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem Anda dari memperkuat di dinding arteri Anda. Ketika plak membangun di dalam arteri, mengurangi aliran darah ke jantung Anda, yang mengarah ke penyakit arteri koroner.

8. Apel mencegah terjadinya batu empedu 

Batu empedu terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu Anda untuk itu untuk tetap sebagai cairan, sehingga mengeras. Untuk mencegah batu empedu, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu Anda mengendalikan berat badan dan kadar kolesterol Anda.

9. Mencegah diare dan sembelit

Serat yang ditemukan dalam apel dapat membantu mencegah diare dan sembelit. Serat dapat menarik air keluar dari usus Anda , atau menyerap kelebihan air dari tinja Anda untuk memperlambat perut Anda ke bawah.

10. Apel dapat menetralkan sindrom iritasi usus besar

Irritable bowel syndrome ditandai dengan sembelit , diare, dan sakit perut dan kembung. Untuk mengontrol gejala ini  disarankan untuk tinggalkan jauh  makanan berlemak sementara termasuk asupan tinggi serat dalam diet Anda.

11. Meringankan gejala wasir

 Serat dapat mencegah Anda dari  terlalu banyak pergi ke kamar mandi dan dengan demikian membantu meringankan wasir.

12. Kontrol berat badan Anda

Banyak masalah kesehatan yang terjadi karena  kelebihan berat badan, di antaranya penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan apnea tidur. Untuk mengatur berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, dokter menyarankan diet kaya serat.

13. Mencegah katarak

Studi jangka panjang terbaru menunjukkan bahwa orang yang memiliki pola makan kaya buah-buahan yang mengandung antioxidant 10 sampai 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan katarak.

14. Detoksifikasi hati

15. Apel bisa eningkatkan sistem kekebalan tubuh kita

Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Kandungan quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, terutama ketika Anda stres.



SHARE

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar